RPP BAHASA INDONESIA
KELAS : 2
SMESTER : 2
STANDAR KOMPETENS
1. MENDENGARKAN
Memahami pembaacaan cerpem
NO | KOMPONEN | URAIAN |
1 | KOMPETENSI DASAR |
Menemukan
unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengarkan melalui pembacaan.
|
2 |
INDIKATOR :
|
1. Kognitif
a.
Produk
Menjelaskan tentang konsep drama
b.
Proses
Membaca teks drama dan menemukan unsur-unsur
intrinsiknya.
2.
Psikomotor
a.
Menemukan unsur-unsur intrinsik drama.
b.
mendiskusikan unsur-unsur intrinsik drama yang didengarkan
3. Afektif
a.
Karakter
a.
Kerja sama
b. Akomodatif
c. Tanggung jawab
d. Apresitif
b.
Keteramplan sosial
a.
Bertanya dan memberi tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar
b.
Menyumbang ide
c.
Menjadi pembaca dan pendengar yang apresiatif
d. Membantu teman yang kesulitan
|
3 |
KOGNITIF :
a. Produk
1)
Secara mandiri siswa dapat menjelaskan
konsep tentang drama dalam teks bacaan dengan mengerjakan LKS 1 : Produk
2) Secara mandiri siswa dapat memberikan
tanggapan dengan alasan yang logis pembahasan tentang unsur-unsur intrinsik
teks drama yang didengar/disaksikan. LKS 1: Produk
b.
Proses
Siswa diberi lembaran kerja berupa teks
bacaan yang terdapat dalam LKS 2 Proses.
Selanjutnya siswa diharapkan dapat :
1)
Menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
2) Melakukan pembahasan mengenai unsur-unsur
intrinsik teks drama yang telah didengarkan.
PSIKOMOTOR
a. Memberi tanggapan dengan alasan yang logis pembahasa unsur-unsur intrinsik teks
drama yang telah didengarkan.
b.
Membaca kan hasil kesimpulan yang dituliskan.
AFEKTIF
a.
Karakter
Siswa
terlihat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan di dalam berperilaku dalam menemukan unsur-unsur
intrinsik teks drama yang telah didengarkan.
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat langsung dalam setiap pembelajaran
dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menentukan unsur-unsur
intrinsik teks drama, bertanya dan kesimpulan isi unsur-utif, dan
membantu teman yang mengalami kesulitan
| |
4 |
MATERI PEMBELAJARAN
|
a. Membaca intensif
b.
Teks bacaan
|
5 |
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
|
Model
pembelajaran : demonstrsi
Metode pembelajaran :
penugasan diskusi dan unjuk kerja
|
6 |
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
A.
Kegiatan Awal (15 menit)
1.
Memotivasi siswa
2. Apersepsi dengan mengali pengalaman siswa
tentang drama yang pernah dipelajari.
3. Menjelaskan kompetensi dan indikator yang
akan dicapai.
4. Mengemukakan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti (55 menit)
Tahanp 1
1. Siswa duduk dalam
kelompok-kelompok kecil /mandiri yang terdiri atas perorangan atau kelompok beberapa orang anggota.
2. Siswa membaca kutipan yang drama telah
disiapkan oleh guru dalam LKS
3. Siswa menganalisis/berdiskusi dalam kelompok
untuk menentukan unsur-unsur intrinsik.
4. Siswa secara
mandiri/berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan menentukan unsur-unsur
intrinsik teks drama.
5.
Siswa secara mandiri/berdiskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi
unsur-unsur intrinsik teks drama
6.
Siswa secara mandiri/berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan secara
tertulis unsur-unsur intrinsik teks drama.
7. Secara bergiliran
siswa mempresentasekan hasil kerja mandiri/kelompok di depan kelompok lain
untuk ditanggapi dan didiskusikan.
Tahap 2
8. Siswa berdiskusi
untuk menyimpulkan unsur-unsur intrinsik teks drama dengan mengembangkan
prinsip saling menyumbangkan ide. Siswa menunjukan sikap pendengar yang
apresiatif ketika temannya menyumbangkan ide.
9. Siswa menyimpulkan
penjelasan berdasarkan pembacaan hasil kerja kolompok, seraya membantu teman sejawat yang
merasa kesulitan.
10.
Siswa menunjukan sikap apresiasi terhadap hasil kerja teman kolompok lain.
C.
Kegiatan akhir (10 menit)
11. Siswa membuat rumusan
kesimpukan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
12. Siswa menyampaikan kesan yang
baik dengan mengunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang
baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi
13. Guru memberi penguatan terhadap
simpulan yang diberikan oleh para siswa.
14. Guru memberi penghargaan terhadap hasil
belajar siswa.
15. Guru memberikan tindak lanjut berupa
tugas yakni menganalisis teks drama lain.
|
7 |
SUMBER
PEMBELAJARAN
|
1. Buku teks
2. Buku referensi
|
BAHAN AJAR
A. UNSUR-UNSUR INTRINSIK DRAMA
Drama adalah salah satu bentuk karya sastra yang menggambarkan kehidupan dengan menyampaikan konflik melalui dialog. Unsur-unsur intrinsik drama adalah sebagai berikut. a. Plot atau kerangka cerita, merupakan jalinan cerita atau kerangka dari awal hingga akhir yang merupakan jalinan konflik antara dua tokoh yang berlawanan. Unsur-unsur plot dijelaskan di bawah ini.
1) Pelukisan awal cerita.
2) Komplikasi atau pertikaian awal.
3) Klimaks atau titik puncak cerita.
4) Resolusi atau penyelesaian
. 5) Keputusan. Plot atau kerangka cerita drama ada tiga jenis, yaitu sebagai berikut. 1) Sirkuler, artinya cerita berkisar pada satu peristiwa saja. 2) Linier, artinya cerita bergerak secara berurutan dari A-Z. 3) Episodik, yaitu jalinan cerita itu terpisah, kemudian bertemu pada akhir cerita. b. Penokohan atau perwatakan, yaitu orang yang berperan dalam drama. Perwatakan penokohan dapat dibedakan menjadi berikut ini. 1) Protagonis, yaitu tokoh yang mendukung cerita. 2) Antagonis, yaitu tokoh yang menentang cerita. 3) Tritagonis, yaitu tokoh pembantu, baik untuk tokoh protagonis maupun antagonis. c. Dialog, yaitu percakapan dalam drama. Dalam drama, dialog harus memenuhi dua tuntutan berikut ini. 1) Dialog harus menunjang gerak dan laku tokohnya. 2) Dialog dalam pentas harus lebih tajam daripada dialog sehari-hari. d. Setting/landasan/tempat kejadian cerita biasanya disebut juga latar cerita. Setting biasanya mencakup hal-hal berikut. 1) Setting tempat berhubungan dengan ruang waktu, misalnya di Jawa dan tahun berapa. 2) Setting waktu berarti apakah lakon terjadi di waktu siang, sore, atau malam hari. e. Tema atau nada dasar cerita merupakan gagasan pokok yang terkandung dalam drama. f. Amanat atau pesan pengarang yang hendak disampaikan pengarang melalui dramanya harus dicari oleh pembaca atau penonton. Amanat adalah maksud yang terkandung
Kolom Penilaian
NO | DESKRIPTOR | SKOR |
1 | Dapat menjelaskan konsepdrama | |
2 | Dapat Menemukan unsur-unsur intrinsik drama. |
3 = sangat mampu
2 = mampu
1 = kurangnanpu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar